Jumat, 28 Mei 2010

Pentingnya Pendidikan Komputer

Ketika saya duduk di sekolah dasar hingga sekolah menengah atas, saya sama sekali tidak mendapat pelajaran komputer. Saya belajar komputer secara otodidak. Dan sekarang setidaknya saya sudah bisa menginstal ulang komputer. Apalagi dirumah saya membuka warnet jadi setidaknya karena ada warnet pengetahuan saya tentang komputer bertambah.

Karena bersaingnya bisnis warnet maka kami membuat sedikit perbedaan yaitu setiap pengunjung yang sedang mengerjakan tugas boleh bertanya kepada operator dan akan kami bimbing. Senang sekali bisa mengajari mereka dan setidaknya pengetahuan kamipun makin bertambah.

Tapi lama kelamaan ada satu pertanyaan yang timbul dalam diri saya, yaitu apa benar mereka mendapat pelajaran komputer disekolahnya. Karena pernah suatu hari ada anak SMA yang mau ngeprint tugas terus saya tanya sudah kamu copy belum dari google ke word. Dia bilang belum mbak, saya tidak tahu caranya, waw this is amazing, atau mbak saya mau bikin folder gimana ya caranya? Terus selama ini guru mereka mengajari apa?. Kemahiran komputer dan kemampuan berbicara dalam bahasa asing dan merupakan dua kriteria utama dalam memasuki era globalisasi ini.

Saat ini, proses belajar mengajar dalam dunia pendidikan secara umum melibatkan dua sumber informasi yaitu dari interaksi antar manusia dan media informasi yang bukan manusia. Sumber informasi yang bukan manusia dapat berupa media cetak dan media audio-visual. Media audio visual dapat sangat membantu proses peralihan informasi, terutama untuk hal hal yang sifatnya objektif. Manusia tetap dibutuhkan untuk hal hal yang sifatnya subjektif, seperti pengenalan nilai nilai pada masyarakat.

Khususnya pada penggunaan media cetak dan audio-visual, para anak-anak dituntut untuk bergerak aktif mencari informasi dan ilmu yang diinginkan. Dengan adanya alat bantu komputer yang semakin canggih, kesempatan untuk coba-coba dan bermain untuk membuka wahana informasi semakin besar. Tentunya hal ini bukan tanpa kesulitan dan tantangan. Beberapa tahapan perlu dilalui untuk menyiapkan seseorang untuk dapat bekerja secara leluasa dengan menggunakan komputer.

Orang tua dan guru saat ini harus salaing bekerjasama untuk mengajarkan anak komputer secara menyenangkan. Terutama untuk guru, karena sudah banyak sekolah yang memfasilitasi sekolahnya dengan laboratorium komputer. Lab komputer ini harus benar-benar dimanfaatkan oleh sekolah agar anak-anak didiknya benar-benar bisa komputer dan memanfaatkan komputer dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar